Hero section image background

Manfaatkan Layanan Pengaduan Masyarakat melalui SP4N-LAPOR

Rabu, 11 Desember 2024

Pemerintahan

92

Postingan ini dilihat

0

Postingan ini dibagikan

Poster post Manfaatkan Layanan Pengaduan Masyarakat melalui SP4N-LAPOR

BANDUNG,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberi ruang aktif bagi masyarakat untuk sama-sama membangun daerah, salah satunya melalui Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).

LAPOR! merupakan sarana aspirasi dan pengaduan berbasis aplikasi yang mudah diakses dan terpadu.

Seluruh aduan yang masuk dalam LAPOR! bisa terselesaikan dalam waktu maksimal 14 hari pasca menerima laporan.

LAPOR! melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah, sehingga dalam aplikasi ini masyarakat dapat berinteraksi dengan pemerintah secara interaktif dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan pembangunan.

Berbeda dengan sarana pengaduan online lainnya, LAPOR! memanfaatkan basis teknologi informasi yang berupaya untuk menjembatani partisipasi publik dalam pembangunan nasional antara masyarakat umum dengan pemerintah pusat.

Dengan kata lain sebagai sarana penerimaan aspirasi dan pengaduan dari masyarakat, yang lalu dikelola dan didisposisikan ke berbagai instansi terkait yang terhubung untuk direspon langsung pada LAPOR!.

Cara melapor yang baik dan benar di SP4N LAPOR!

1. Buka web resmi www.lapor.go.id, SMS ke 1708 atau masuk ke aplikasi android atau ios SP4N Lapor!
2. Uraikan kronologi laporan dengan jelas
3. Sebutkan waktu dan tempat kejadian
4. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
5. Lampirkan bukti pendukung apabila ad
6. Kirim laporan dan tunggu laporan di verifikasi. 

Penulis: Adi Permana

Tags

  • lapor
  • aduan